15 Tempat Wisata Alam Terpopuler di Banten - Jawa

Banten merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di ujung barat Pulau Jawa. Di daerah Banten ini terdapat beberapa lokasi tempat wisata yang populer. Bukan hanya masyarakat Banten yang menikmati tempat wisata tersebut, tapi ada beberapa wisatawan dari luar daerah bahkan dari mancanegara yang mengunjungi tempat-tempat wisata disana.

Nah jika Anda sedang berada di Banten, berikut dibawah ini 16 tempat wisata terpopuler yang dapat Anda kunjungi seperti dilansir anekatempatwisata.com.

1. Pantai Anyer
wisata alam pantai anyer banten
Pantai anyer (photo:berwisata.info)
Tempat wisata ini merupakan yang paling ramai dan populer di Banten karena lokasinya yang dekat dan terjangkau. Pantai ini terletak di Kecamatan Anyer, Kabupatan Serang, Banten. Yang menjadi daya Tarik pantai ini adalah memiliki pasir putih yang indah dan menawan. Pantai ini dinamakan pantai Anyer karena berada di sepanjang Kecamatan Anyer, Banten.

2. Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon terletak di ujung barat Pulau Jawa yang mencakup kawasan daratan pulau Jawa dan beberapa pulau di sekitar ujung barat Pulau Jawa. Disana Anda dapat melakukan trekking, berkemah, dan melihat keindahan alam liar yang masih terjaga. Fungsi utama Taman Nasional Ujung Kulon adalah sebagai tempat perlindungan badak yang merupakan salah satu hewan langkah.

3. Tanjung Lesung

Tanjung Lesung merupakan pantai yang terletak di ujung barat Pulau Jawa, sekitar 180 KM dari kota Jakarta. Pantai ini menyediakan pemandangan yang masih asri dan bersih dengan pasir putihnya sehingga pantai ini merupakan salah satu pantai terbaik di Jawa Barat. Pantai Tanjung Lesung terletak di Kabupaten Pandeglang, Banten dan memiliki luas sekitar 1500 hektar.

4. Gunung Krakatau

Bagi Anda yang suka mendaki, destinasi Gunung Krakatau dapat anda kunjungi jika berada di Banten. Disini anda dapat menikmati keindahan gunung merapi dan keindahan alam disekitarnya. Gunung Krakatau pernah meletus dengan hebat dan dampaknya bahkan sampai mancanegara.

5. Kampung Baduy

Selain keindahan alam di Banten anda juga dapat mengunjungi kampung Baduy. Di kampung ini terkenal dengan kebudayaannya dan adat istiadatnya yang masih kuat. Masyarakat Baduy masih kental dengan adat sundanya dan merupakan salah satu suku asli di Banten. Kampung suku Baduy terletak di Kabupaten Lebak, Banten. Masyarakat Baduy terbagi menjadi dua, yaitu Baduy Dalam dan Baduy Luar. Suku Baduy Dalam adalah suku yang menolak dunia luar, sedangkan Baduy Luar lebih terbuka pada dunia luar.

6. Pantai Sawarna

Pantai Sawarna merupakan tempat wisata yang terletak di Desa Sawarna. Pantai ini masih tergolong baru karena mulai ramai dikunjungi sekitar tahun 2000 dan itupun menggunakan media internet untuk promosi pantai ini. Pantai ini merupakan salah satu tempat berselancar yang baik karena memiliki ombak yang besar. Disekitar pantai juga sudah terdapat beberapa penginapan untuk para wisatawan.

7. Pulau Umang

Pulau Umang berlokasi dekat dengan Tanjung Lesung, Banten, sekitar 180 KM dari Jakarta. Pulau Umang adalah pulau dengan luas sekitar 5 hektar dan di khususkan sebagai tempat wisata yang dikelola oleh pihak swasta. Fasilitas yang dimiliki Pulau Umang sangat lengkap, mulai dari kolam renang, karaoke, sarana olahraga, ruang pertemuan, permainan air, dan lain-lain. Apabila anda berminat untuk berwisata ke Pulau Umang, jangan lupa membawa tabir surya.

8. Arung Jeram Sungai Ciberang

Jika anda menyukai wisata arung jeram, anda dapat mengunjungi sungai Ciberang di Banten. Selain itu anda juga dapat menikmati pemandangan pengunungan yang dilalui sungai Ciberang yang tampak masih sangat asri dan hijau. Sayangnya terkadang sungai ini kering, jadi jika anda ingin berwisata kesana, sebaiknya mencari tahu kondisi air di sungai tersebut.

9. Pulau Dua (Pulau Burung)

Pulau Dua atau biasa disebut juga Pulau Burung merupakan cagar alam seluas 30 hektar yang terletak di lepas pantai Banten. Pulau ini banyak dihuni oleh berbagai jenis burung sehingga dinamakan juga pulau Burung. Nah jika anda ingin mengunjungi pulau ini, sebaiknya sekitar bulan April sampai dengan bulan Agustus karena banyak sekali burung dari berbagai benua datang berkunjung ke Pulau Burung. Setelah musim berlalu, sebagian besar burung-burung tersebut kembali ke tempat asalnya.

10. Rawa Dano

Rawa Dano berlokasi di Kabupaten Serang, Banten yang merupakan salah satu tempat wisata alam. Rawa Dano menyediakan keindahan alam dengan kawasan yang memiliki danau, rawa-rawa, dan hutan. Kawasan ini memiliki luas kurang lebih 2,500 hektar dan banyak hidup berbagai jenis reptil seperti ular dan kadal. Konon menurut cerita rakyat, dulunya Rawa Dano ini adalah sebuah gunung berapi yang sudah tidak aktif dan kemudian berubah menjadi sebuah danau yang di atasnya terdapat rawa-rawa.

11. Pantai Bagedur

Pantai Bagedur terletak sekitar 115 KM dari Rangkasbitung di Kecamatan Malingping. Pantai ini tidak begitu populer, namun menjadi salah satu tempat wisata masyarakat Banten. Pantai ini menyediakan pemandangan pantai yang masih asri. Panjang pantai sekitar 10 KM, lebar sekitar 50 meter, dan warna pasirnya yang coklat.

12. Danau Tasikardi

Danau Tasikardi berasal dari bahasa Sunda yang artinya danau buatan. Danau ini terletak di Kecamatan Kramatwatu dan merupakan salah satu peninggalan Sultan Banten. Luas danau ini sekitar 5 hektar dan dulunya digunakan sebagai tempat rekreasi keluarga Sultan. Saat ini danau tersebut telah menjadi tempat wisata di Banten yang bebas untuk umum. Danau Tasikardi terletak sekitar 6 KM di sebelah barat kota Serang.

13. Pulau Sangiang

Pulau Sangiang merupakan salah satu tempat wisata di Banten yang terletak di Selat Sunda. Untuk menuju pulau ini dapat menggunakan perahu dari Pantai Anyer selama kurang lebih 45 menit. Pulau Sangiang dikelolah oleh swasta dan dikembangkan sebagai tempat wisata. Di pulau tersebut terdapat wisata bahari, wisata budaya, wisata ilmiah, dan wisata alam. Selain itu banyak kegiatan yang dapat Anda lakukan disana seperti bersepeda, mendaki gunung, berkemah, menyelam, memancing, berjemur di pantai, hingga menikmati sisa-sisa perang dunia seperti benteng Jepang.

14. Pantai Carita

Pantai ini adalah salah satu tempat wisata di Banten yang terkenal di Indonesia. Terletak di pesisir barat Provinsi Banten, Kabupaten Pandeglang. Di Pantai Carita anda dapat melihat keindahan Gunung Krakatau dari tepi pantai. Ombak di Pantai ini kecil dan memiliki pasir putih.

15. Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong terletak sekitar 40 KM dari kota Serang, Banten. Pantai ini tergolong unik karena berada di dalam sebuah karang yang bolong karena hempasan ombak. Di pantai ini Anda tidak dapat berenang karena banyak karang.

Itulah 15 tempat wisata alam terpopuler di Banten yang dapat Anda kunjungi. Semoga bermanfaat.

0 Response to "15 Tempat Wisata Alam Terpopuler di Banten - Jawa"

Post a Comment