10 Tempat Wisata Terpopuler di Bengkulu

10 tempat wisata terpopuler di Bengkulu. Bengkulu adalah salah satu provinsi yang berada di pulau Sumatera. Terletak dibagian barat daya pulau sumatera dengan ibu kota Bengkulu. Di Bengkulu terdapat beberapa tempat wisata yang bisa menjadi destinasi perjalanan anda, seperti wisata alam dan wisata sejarah. Selain itu provinsi ini terkenal dengan bunga Rafflessia Arnoldi yang merupakan bunga bangkai dengan ukuran raksasa.

Nah jika anda berada di provinsi ini dan ingin menjelajahi tempat tempat wisata yang populer, dibawah ini adalah tempat wisata yang terkenal di provinsi Bengkulu:

Wisata Alam

1. Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang bengkulu


Pantai pasir panjang terletak di kawasan bisnis dan dapat ditempuh dari pusat kota Bengkulu dalam waktu 15 menit berkendara. Pantai dengan panjang 7 km dan menjadi salah satu pantai dengan garis terpanjang di Indonesia. Di pantai ini Anda tidak akan menemukan pohon kelapa namun hanya deretan pohon cemara dan pinus.

2. Pantai Tapak Paderi

Pantai Tapak Paderi salah satu tempat wisata yang populer dan hanya berjarak 100 meter dari Benteng Marlborough. Pantai ini menyediakan keindahan pemandangan sunset yang begitu indah. Dari bagian atas Tapak Paderi, Anda dapat menikmati pemandangan keindahan laut Bengkulu.

3. Danau Dendam Tak Sudah

Tempat wisata Danau Dendam Tak Sudah terletak di kota Curup, Bengkulu Utara. Dari pusat kota Bengkulu berjarak sekitar 6 km. Nama pantai ini berasal dari sebuah legenda cerita rakyat tentang sepasang kekasih yang tak direstui keluarga.

Danau ini dikelilingi bukit-bukit hijau yang merupakan kawasan cagar alam yang menyimpan banyak potensi ekologi dan keseimbangan ekosistem. Pemandangan sekitar danau sangat indah sehingga banyak dikunjungi wisatawan untuk keperluan rekreasi dan juga penelitian. Disekitar danau juga dapat ditemukan anggrek langka yaitu anggrek pensil.

4. Danau Mas Harun Bastari

Danau ini berlokasi di Kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong, berjarak sekitar 17 km dari pusat Kota Curup dan berada di pinggir jalan raya antara Curup Lubuk Linggau. Kawasan wisata Danau ini memiliki luas 36 hektar.

Ditengah-tengah danau Mas Harun Bastari terdapat sebuah pulau yang berbentuk huruf C. Dan warga sekitar mengatakan bahwa bentuk huruf C pulau tersebut melambangkan nama kota Curup. Selain itu di Tempat wisata ini terdapat fasilitas mulai dari lahan parkir, mushola, toilet, arena bermain anak, toko suvenir dan warung makan.

5. Pulau Tikus

Salah satu tempat wisata favorit lainnya adalah Pulau Tikus yang terletak 10 km dari pusat Bengkulu. Untuk menuju pulau Tikus dapat menempuh perjalanan selama 40 menit dengan perahu motor dari pantai pasir panjang. Pulau tikus disebut juga pulau karang dan memiliki luas 2 hektar. Di pulau ini Anda dapat melihat penyu hijau dan penyu sisik sedang bertelur pada malam hari. Selain itu Anda dapat melakukan kegiatan seperti menyelam, snorkeling dan juga memancing.

6. Sungai Air Berau

Sungai Berau merupakan tempat favorit untuk arung jeram karena arusnya yang deras. Sungai ini terletak di Kabupaten Muko-muko, Bengkulu. Selain itu sungai ini juga dijadikan sebagai tempat pemancingan oleh para pengunjung.

Sungai ini juga merupakan tempat ritual seperti upacara ‘anak daro mandi ke air’ yang merupakan ritual memandikan anak bayi yang baru lahir dan biasa juga diadakan lomba dayung sampan yang diadakan untuk memperingati hari jadi Kabupaten Muko-muko.

Wisata Sejarah

1. Benteng Marlborough

Benteng ini merupakan peninggalan bangsa Inggris yang dahulu merupakan sebuah benteng pertahanan. Saat ini benteng Marlborough menjadi salah satu tempat wisata di Bengkulu yang menjadi favorit wisatawan. Benteng ini dibangun pada tahun 1713 – 1719 dan merupakan benteng pertahanan terkuat kedua yang dimiliki Inggris di wilayah timur setelah Benteng St. George di India.
Dahulu benteng ini juga digunakan sebagai tempat penyimpanan dan perdagangan rempah-rempah di wilayah timur Indonesia. Di dalam benteng terdapat ruang tahanan, kantor pemerintahan Inggris, meriam, ruang perlindungan, gudang senjata dan sebuah terowongan.

2. Rumah Pengasingan Bung Karno

Rumah pengasingan mantan presiden Indonesia ini terletak di Jalan Soekarno-Hatta, Kecamatan Gading Cempaka. Selama empat tahun Bung Karno menempati rumah ini yaitu pada 1938 – 1942. Bentuk bangunan bericiri khas arsitektur Cina. Jika berkunjung ketempat ini Anda bisa melihat buku-buku koleksi Bung Karno. Ada juga sepeda, meja, kursi, ranjang, mesin jahit bahkan surat cinta antara Bung Karno dan Fatmawati dahulu.

3. Masjid Jamik Bengkulu

Selama diasingkan, Bung Karno bersama warga setempat membagun kembali sebuah masjid tua di ujung Jalan Soeprapto, pusat kota Bengkulu. Hasil karya beliau bisa dilihat dari bentuk atap masjid berbentuk limas yang menggambarkan persatuan budaya di Bengkulu dan di Indonesia. Selain itu, ia juga menambahkan beberapa tiang dengan ukiran berwarna emas. Masjid hanya berjarak 1,2 km dari Benteng Marlborough.

4. Museum Negeri Bengkulu

Museum Negeri Bengkulu terletak di Jalan Pembangunan No. 8, Padang Harapan, Bengkulu. Di museum ini terdapat lebih dari 6.000 koleksi benda-benda bersejarah yang terbagi menjadi 10 kategori. Terdapat salah satu koleksi museum ini yang mendapat perhatian yaitu mesin cetak ‘uang merah’ dengan merek Golden Press. Koleksi lain yang dapat Anda temukan adalah 126 buah naskah kuno anonim, kain khas Bengkulu yang dikenal dengan Kain Bersurek, miniatur rumah adat, peralatan rumah tangga zaman dahulu, pakaian adat dan senjata tradisional khas bengkulu.

Itulah 10 tempat wisata terpopuler di Bengkulu. Semoga bermanfaat.

0 Response to "10 Tempat Wisata Terpopuler di Bengkulu"

Post a Comment