10 Tempat Wisata Terpopuler di Padang Sumatera Barat

Hampir setiap daerah di Indonesia menyediakan tempat wisata yang menarik. Salah satunya adalah kota Padang. Kota Padang merupakan ibukota provinsi di Sumatera Barat. Nah jika anda sedang berada di kota Padang atau ingin menuju kota ini, berikut dibawah ini adalah beberapa tempat wisata yang cukup populer di kota Padang.

Wisata Alam

1. Air Terjun Tiga Tingkat

Air Terjun Tiga Tingkat padang
@enjoypadang.com
Wisata air terjun ini berada di Desa Cendikar. Sesuai dengan namanya bentuk air terjun ini berbentuk tiga tingkat. Akses menuju tempat wisata ini cukup berat, karena melewati jalan yang licin dan terjal. Wisata ini belum banyak diketahui, karena perjalanan yang lumayana berat, wisata air terjun tiga tingkat cocok untuk mereka yang gemar wisata alam dan petualang.

2. Pantai Aie Manih (Pantai Air Manis)

Pantai Aie Manih (Pantai Air Manis) padang
@bajalan.info
Pantai Aie Manih biasa disebut juga Pantai Air Manis dan merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di Padang. Pantai berkaitan dengan cerita legenda Malin Kundang dan dipercaya sebagai bukti bahwa legenda tersebut benar-benar nyata. Patung batu Malin Kundang berada di Pantai ini. Pantai ini menyajikan keindahan latar Gunung padang, selain itu gelombang ombak di pantai ini cukup aman untuk wisatawan.

3. Pantai Nirwana

pantai nirwana padang
@anekatempatwisata.com
Pantai ini terletak sekitar 14 KM di bagian selatan kota Padang. Letaknya tidak jauh dari Pelabuhan Teluk Bayur dan juga merupakan salah satu tempat wisata favorit. Keindahan pantai ini terlihat pada sore hari, dimana pemandangan matahari terbenam sangat indah. Akses menuju pantai ini terbilang cukup mudah, sehingga banyak wisatawan yang menuju pantai nirwana.

4. Pantai Pasir Jambak

Pantai Pasir Jambak padang
@sahdatul.wordpress.com
Pantai pasir jambak terletak 17 KM dari kota Padang dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor. Pantai ini juga tidak kalah menyajikan pemandangan matahari terbenam. Banyak muda-mudi yang menjadikan tempat ini sebagai tempat favorit untuk berwisata.

5. Lembah Anai

lembah anai padang
@google image
Di Padang juga menyediakan wisata lembah yaitu lembah Anai. Tempat wisata ini terletak di pinggir jalan trans Sumatera. Keindahan lembah ini terlihat dari 3 buah air terjun dan salah satunya yang terkenal memiliki ketinggian 35 meter yang berada di pinggir jalan, dan disebut sebagai Air Terjun Lembah Anai. Untuk menuju ke tempat wisata ini Anda perlu menempuh perjalanan sekitar 60 KM atau 2 Jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan bermotor.

6. Sitinjau Lauik (Padang Scenic Point)

Sitinjau Lauik (Padang Scenic Point) padang
@sahdatul.wordpress.com
Sitinjau Lauik atau Padang Scenic Point adalah sebuah tempat dengan ketinggian kurang lebih 1,000 meter di atas permukaan laut. Wisata ini menyajikan keindahan alam yang indah dengan pemandangan yang luas dan hijau serta pemandangan samudera Hindia dari kejauhan. Selain itu, terdapat juga tempat permandian umum. Pemandangan pada malam hari Anda dapat menikmati keindahan kota Padang dengan lampu yang berkelap kelip.

7. Pantai Padang

Pantai Padang
@lafiraindonesia.com
Pantai ini terletak di pusat kota Padang sehingga sangat mudah untuk menuju pantai ini. Selain keindahan alam yang disajikan, di pantai ini juga terdapat area bermain untuk anak-anak.

Wisata Sejarah dan Religi

1. Museum Adityawarman

Museum Adityawarman padang
@triptus.com
Museum Adityawarman dibangun pada tahun 1974 dan menjadi ikon kota Padang. Museum ini sangat terkenal di kota padang dan merupakan salah satu destinasi wisata. Museum ini juga dapat dikatakan sebagai Taman Mini-nya kota Padang. Luas halaman museum ini sekitar 2,6 hektar dan merupakan tempat untuk menyimpan dan menjaga berbagai jenis benda bersejarah kota Padang.

2. Miniatur Makkah

Miniatur Makkah padang
@pelangiholiday.com
Miniatur Makkah adalah obyek wisata religi yang terletak di Lubuk Minturun dan dibangun pada tahun 2010. Ini merupakan salah satu tempat wisata yang unik, karena miniature makkah ini benar-benar mirip dengan aslinya. Selain itu minatur ini dijadikan sebagai tempat berlatih bagi mereka yang akan berangkat ke tanah suci. Pemandangan lain di sekitar miniature ini adalah, Anda dapat melihat beberapa jenis satwa seperti unta, ikan, dan ular.

7. Jembatan Siti Nurbaya

Jembatan Siti Nurbaya padang
@klikhotel.com
Sesuai dengan namanya, Jembatan Siti Nurbaya ini diambil dari sebuah cerita karya sastrawan Sumatera Barat bernama Marah Rusli. Jembatan ini menyajikan pemandangan kapal-kapal kayu yang berlalu lalang pada siang hari, matahari tenggelam yang indah di sore hari, dan wisata kuliner yang lengkap pada malam hari.

Sumber referensi:
http://anekatempatwisata.com/10-tempat-wisata-di-padang-yang-wajib-dikunjungi/ diakses tanggal 14 september 2015

0 Response to "10 Tempat Wisata Terpopuler di Padang Sumatera Barat"

Post a Comment