6 Tempat Wisata di Aceh Untuk Mengenang Tsunami


masjid raya baiturrahman aceh saat tsunami
Masjid Raya Baiturrahman Aceh saat tsunami (photo:ngapainaja)
6 Obyek Tempat Wisata di Aceh Untuk Mengenang Tsunami. Tsunami Aceh merupakan salah satu bencana besar yang pernah menimpah daerah Aceh. Tidak hanya Aceh namun ada beberapa daerah diberbagai Negara juga terkena impasnya. Dan untuk mengenang kejadian tersebut, ada beberapa tempat yang dijadikan sebagai icon pengingat tsunami tersebut. Dan tempat tersebut juga cocok sebagai destinasi wisata.


Dibawah ini adalah 6 tempat wisata di Aceh untuk mengenang kejadian bencana alam tsunami seperti dilansir travel kompas:

1. Museum Tsunami Aceh

Di museum ini anda akan dibawa kembali ke masa-masa terjadinya gelombang tsunami 2004. Suasana masuk ke museum inipun dibuat seperti lorong gelap dengan percikan air yang keluar dari dinding untuk mengingat suasana ketika tsunami mencekam.

Dalam museum terdapat ruangan yang dipenuhi foto-foto kondisi Aceh setelah terkena tsunami dan juga ruangan yang berisi nama-nama korban. Perancang museum ini adalah Ridwan Kamil yang merupakan Walikota Bandung saat ini. Lokasi museum terletak di tengah-tengah kota Banda Aceh di jalan Iskandar Muda

2. Monumen Aceh Thanks to the World

Monumen ini dibangun sebagai ucapan terima kasih kepada relawan yang membantu. Relawan-relawan tersebut tidak hanya datang dari Indonesia tapi seluruh dunia. Bantuan yang datang tidak hanya dari LSM, tetapi juga militer hingga perusahaan swasta. 

Letaknya berada di Lapangan Blang Padang. Lapangan ini termasuk terkena dampak yang sangat parah ketika tsunami menerpa. Di monument ini juga memuat informasi mengenai Tsunami Aceh.

3. PLTD Apung

PLTD Apung merupakan sebuah kapal Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Apung yang terseret gelombang tsunami. Kapal dengan berat 2.600 ton tersebut terhempas hingga lima kilometer dari Pantai Ulee Lheue. Hingga saat ini Kapal tersebut dijadikan sebagai monument peringatan tsunami Aceh.

Letak kapal PLTD Apung berada di Gampong Punge Blang Cut, Kota Banda Aceh. Di sekitar kapal telah dibangun taman edukasi yang dilengkapi informasi dan foto mengenai Tsunami Aceh. Tempat ini juga menjadi destinasi wisata bagi para wisatawan yang datang ke Aceh. 

4. Kapal Apung Lampulo.

Selain kapal PLTD Apung, juga terdapat sebuah kapal nelayan yang terhempas gelombong Tsunami Aceh. Uniknya kapal tersebut terdampar tepat diatas rumah warga. Terletak di Gampong Lampulo, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh.

5. Masjid Raya Baiturrahman

Mendengar nama masjid Raya Baiturrahman Aceh, sudah tidak asing lagi. Karena foto masjid ini sudah tersebar keluar negeri ketika tsunami terjadi. Uniknya masjid ini tetap utuh walaupun terkena gelombang dahsyat tsunami, sedangkan bangunan disekitarnya telah porak-poranda.

6. Masjid Rahmatullah Lampuuk

Selain Masjid Raya Baiturrahman, Masjid Rahmatullah selamat dari amukan gelombang tsunami. Bangunan masjid ini berdiri kokoh padahal jaraknya hanya sekitar 500 meter dari bibir pantai.

Itulah 6 tempat wisata di Aceh, untuk mengenang terjadinya gelombang tsunami tahun 2004. Jika anda berkunjung ke Aceh sebaiknya mengunjungi tempat-tempat tersebut.

0 Response to "6 Tempat Wisata di Aceh Untuk Mengenang Tsunami"

Post a Comment