10 Tempat Wisata dan Hiburan Terpopuler di Makassar


10 Tempat Wisata dan Hiburan Terpopuler di Makassar
pantai losari (photo:azuriette.blogspot.com)
10 Tempat Wisata dan Hiburan Terpopuler di Makassar. Makassar merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia, dan perkembangan kota ini cukup cepat. Selain itu jika anda berkunjung ke Makassar anda dapat menikmati tempat hiburan yang keren dan wisata keindahan alam yang mengagumkan. Nah untuk di kota Makassar anda dapat menikmati keindahan pantai losari yang terkenal.

Untuk lebih jelas mengenai tempat wisata yang bisa anda kunjungi di Makassar, berikut dapat kami rekomendasikan 10 tempat wisata di Makassar:

1. Pantai Losari

Ini merupakan pantai yang terkenal di Makassar, sehingga tidak lengkap rasanya jika anda berkunjung ke Makassar namun tidak mengunjungi tempat ini. Pantai losari memiliki keunikan tertentu, pantai ini tidak memiliki pasir. Namun anda dapat melakukan aktivitas lain seperti memancing, naik sepeda air atau banana boat, berlayar dengan perahu dan masih banyak lagi. Disini juga banyak terdapat khuliner khas Makassar, dan yang paling terkenal adalah pisang epe.

2. Benteng Rotterdam

Benteng Rotterdam atau biasa disebut juga Fort Rotterdam terletak tidak jauh dari Pantai Losari. Tempat ini merupakan objek wisata sejarah. Benteng Rotterdam merupakan salah satu peninggalan sejarah Kerajaan Gowa-Tallo yang pembangunannya dilakukan pada tahun 1545 oleh raja ke-9. Bangunan ini dulu dibangun dengan hanya menggunakan tanah liat dan putih telur, dan pada masa raja ke-14 pembangunannya di sempurnakan.

Jika anda tertarik mengunjungi benteng ini, anda dapat kesana setiap hari. Wisata benteng ini dibuka mulai pukul 08:00 sampai 18:00 dan gratis. Sedangkan untuk museum La Galigo dibuka setiap selasa – minggu mulai pukul 08:00 sampai 12:30. Tiket masuk museum sebesar 7.500 per orang.

3. Trans Studio Makassar

Selain tempat wisata alam dan sejarah, terdapat juga tempat wisata modern. Tempat tersebut adalah Trans Studio Makassar. Terdapapat 21 wahana dan empat zona permainan yaitu Studio Central, Cartoon City, Lost City, dan Magic Corner di dalam Trans Studio ini.
Anda dapat mengunjungi tempat ini setiap hari mulai pukul 10:00 sampai 19:00, kecuali pada akhir pekan dan hari libur nasional, Trans Studio Makassar buka sampai dengan pukul 21:00. Tiket masuk berbeda pada hari-hari tertentu seperti hari biasa dikenakan biaya sebesar 100.000 Rupiah, akhir pecan dikenakan biaya 175.000 Rupiah dan saat ada event tiketnya menjadi 200.000 Rupiah.

4. Taman Nasional Bantimurung

Taman ini terkenal akan keindahan kupu-kupunya karena memiliki 250 jenis spesies tersebut, sehingga disebut sebagai kerajaan kupu-kupu. Taman nasional bantimurung terletak di kabupaten Maros dan jaraknya dari kota Makassar sekitar 45 Km. Selain menikmati beragam kupu-kupu di taman ini anda juga dapat menikmati keindahan air terjun, gua dan tempat bermain seperti flyng fox. Jika anda berminat anda dapat masuk ke taman ini dengan biaya 20.000 per orang.

5. Taman Laut Taka Bonerate

Makassar bukan hanya wisata taman hutan, tapi juga terdapat taman laut yang sangat indah. Taman laut Taka Bonerate berada di kota Benteng, Kepulauan Selayar. Disni anda dapat menikmati keindahan terumbu karang, berenang bersama ratusan jenis ikan, penyu dan kura-kura. Untuk berkunjung ke tempat ini dikenakan biaya sebesar 25.000 Rupiah untuk wisatawan omestic dan 60.000 Rupiah untuk wisatawan mancanegara. Jika ingin menyewa peralatan menyelam, Anda harus menyiapkan uang 250.000 Rupiah.

6. Malino

Jika anda menyukai wisata pegunungan, malino lah tempat terbaik di Makassar. Terletak sekitar 90 km dari pusat kota Makassar. Selama perjalanan menuju Malino, Anda akan melewati pemandangan hutan pinus dan batu kapur yang indah. Ketinggian pegunungan malino sekitar 1.050 meter di atas permukaan laut. Suhu di puncak sangat dingin sekitar 10 – 26 derajat Celcius. Selain itu terdapat juga Air Terjun Seribu Tangga dan Air Terjun Takapala, kebun teh, lembah biru dan bunker peninggalan Jepang.

7. Tanjung Bira

Pantai tanjung bira terkenal dengan keindahan pasirnya yang lembut, putih dan airnya yang jernih. Terletak sekitar 200 km dari kota Makassar. Tiket masuk ke Tanjung Bira adalah 5.000 Rupiah/orang.

8. Danau Tempe

Danau tempe terkenal sebagai penghasil ikan tawar terbesar di dunia. Terletak di kabupaten Wajo. Di danau ini banyak terdapat rumah apung milik nelayan setempat dengan jala-jala penangkap ikan. Yang anda dapat lakukan disini adalah memancing atau berkeliling dengan meyewa perahu nelayan. Selain itu, Anda juga bisa membeli ikan segar dan juga sayuran yang ditanam di sekitar danau.

9. Pemandian Air Panas Lejja

Mau nikmati permandian air panas? Silahkan berkunjung ke kawasan hutan lindung di Kecamatan Marioriawa, Kabupaten Soppeng. Selain menikmati permandian air panas, anda juga dapat menikmati keindahan pepohonan rindang dan udaranya yang sejuk. Disana terdapat gazebo disewakan dengan tarif Rp 50.000 per dua jam. Di kawasan wisata ini, terdapat lima buah kolam dengan kedalaman dan ukuran suhu yang beragam. Suhu terpanas dari sumber air ini adalah 60 derajat Celcius. Untuk memasuki tempat wisata ini Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 bagi orang dewasa dan Rp 3.500 untuk anak-anak.

10. Jalan Somba Opu

Kembali di tengah kota Makassar, sebaiknya anda jangan lupa berkunjung ke Jalan Somba Opu. Terletak  tidak jauh dari Pantai Losari dan Benteng Rotterdam. Disini anda dapat mencari oleh-oleh khas Makassar, mulai dari kerajinan, makanan khas sampai dengan minyak gosok cap tawon.
Itulah 10 tempat wisata yang dapat anda kunjungi jika berada di Makassar. Semoga bermanfaat.

0 Response to "10 Tempat Wisata dan Hiburan Terpopuler di Makassar"

Post a Comment