20 Tempat Wisata Populer di Sumatera Barat Bagian II



Pada artikel sebelumnya saya sudah membagikan informasi mengenai 10 wisata populer dan menarik di Sumatera Barat. Nah dibawah ini merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya. 

11. Ngalau Indah

Ngalau Indah payakumbuh bukittinggi
Ngalau Indah (photo:payakumbuhkota)
Ngalau Indah merupakan sebuah gua alam yang juga menjadi tempat favorit wisatawan. Terletak 2 km sebelum memasuki kota Payakumbuh dari arah Bukitinggi. Dalam gua terdapat stalagnit dan stalagmit pada langit-langit gua yang indah. Selain itu jika berada dalam goa Anda akan akan mendengar suara kelelawar yang berterbangan. Di luar gua terdapat taman dengan pohon-pohon yang rindang yang membuat area sekitar mejadi sejuk.

12. Istana Pagaruyung

Istana Pagaruyung
Istana Pagaruyung (photo:wikipedia)
Istana ini merupakan bangunan bersejarah peninggalan kerajaan Pagaruyung. Terletak di Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar. Istana ini dibangun oleh keluarga kerajaan Pagaruyung di Batusangkar dengan ciri khas bangunan Minangkabau. Di dalam istana masih terdapat barang-barang peninggalan kerajaan.

Dahulu istana Pagaruyung adalah lokasi kediaman Raja Minangkabau dan juga sebagai pusat pemerintahan. Sekarang rumah gadang yang ada disana merupakan replika dari Istana yang aslinya. Terdapat lukisan di dinding luar dan bentuk atap yang menyerupai tanduk kerbau.

13. Lembah Harau

Lembah Harau Payakumbuh Sumatera Barat
Lembah Harau (photo:indonesiatravel)
Lembah Harau adalah cagar alam dengan bukit kapur yang curam. Ketinggian lembah ini mencapai 100 sampai 150 m yang terletak 14 km dari Payakumbuh. Disini Anda juga akan menemui pemandangan lima buah air terjun yang selalu mencurahkan airnya yang jernih.
Di kawasan Lembah Harau tersedia fasilitas untuk berkemah dan kegiatan mengelilingi cagar alam. Lembah ini direncanakan akan menjadi taman margasatwa yang pertama di luar Pulau Jawa.

14. Pandai Sikek

Pandai Sikek Bukittinggi
seorang pandai sikek dengan mesin tenun (photo:silungkang)
Pandai Sikek merupakan daerah pusat kerajinan ukiran dan tenunan Kain Songket. Desa ini terletak di kaki Gunung Singgalang lebih kurang 10 km dari kota Bukittinggi. Desa ini dikenal dengan pusat kerajinan karena memiliki 1000 buah alat tenun. Berbagai lukisan kayu dan perabot rumah tangga juga dibuat disini.

15. Pulau Sikuai

Pulau Sikuai sumatera barat
Fota pantai di pulau Sikuai (photo:tripadvisor)
Pulau Sikuai juga merupakan salah satu tempat favorit wisatawan, karena menyediakan berbagai keindahan alam. Pulau ini terletak di sisi barat Pulau Sumatera hanya terletak sekitar setengah mil laut dari kota Padang. Untuk menuju pulau tersebut dapat menggunakan kapal angkutan khusus dengan waktu tempuh 35 menit dari dermaga airud Bungus.

Dipulau tersebut disediakan hotel resort yang dilengkapi fasilitas hotel berbintang dua. Resort ini menyediakan 21 buah cottage dengan kapasitas sekitar 45 kamar. Wisata yang dapat ditemui di pulau ini adalah pantai dan wisata bahari, trekking mengitari pulau atau menjelajahi hutan alam sampai panjat tebing.

16. Kawasan Bukit Langkisau

Kawasan Bukit Langkisau
Bukit Langkisau (photo:flickr)
Bukit Langkisau dimanfaatkan sebagai sarana olahraga terbang layang karena memiliki ketinggian 1.000 kaki lokasi pendaratan di pantai Carocok atau pantai Salido. Bukit ini terletak antara Desa Salido dan Kota Painan-Pesisir Selatan. Jika anda berada di puncak bukit ini Anda dapat menikmati pemandangan yang memukau ke laut lepas.

17. Pulau Cubadak

Pulau Cubadak Sumatera Barat
Pulau Cubadak (photo:chirpstory)
Pulau Cubadak merupakan tempat wisata modern berskala internasional. Terletak di salah satu pulau di kawasan Mandeh Pesisir Selatan. Pulau ini dikelola oleh investor dari Italia menjadi objek wisata berskala internasional. Resor ini memiliki 13 bungalows dan satu suite dengan arsitektur alam yang didukung oleh beberapa sarana penunjang untuk kegiatan diving, fishing, dan snorkeling. Juga terdapat fasilitas lainnya untuk melengkapi wisata Anda seperti motor boat, dermaga dan beberapa fasilitas bahari lainnya.

18. Jembatan Akar Pesisir Selatan

Jembatan Akar Pesisir Selatan
Jembatan Akar (photo:fajarwisata)
Jembatan akar adalah objek wisata yang cukup unik di Sumatera Barat. Jembatan ini terbuat dari dua akar pohon beringin yang saling bertautan dan melintasi sungai Bayang. Yang lebih mengagumkan lagi adalah jembatan ini semakin lama semakin bertambah kuat. Menurut pendapat masyarakat setempat, jembatan ini di desain  oleh ulama bernama Pakih Sokan pada awal tahun 1900 an. Jembatan ini terletak sekitar 30 menit dari Painan.

19. Pantai di Mentawai

Kepulauan Mentawai (photo:googleimage)
Pantai Mentawai terkenal dengan keindahan pasir putihnya dan kegiatan berselancar. Banyak wisatawan yang pergi ke pantai Siberut dan Sipora untuk melakukan surfing. Jarak kota Padang dengan kepulauan Metawai kurang lebih 135 km dengan waktu antara 6-10 jam perjalanan.   

20. Desa Pariangan

Desa Pariangan Minangkabau
Desa Pariangan (photo:pegipegi)
Desa ini disebut sebagai desa tertua di Minangkabau dan tempat asal nenek moyang orang Minangkabau. Letak desa ini dilereng Gunung Merapi tepi jalan raya Padang Panjang - Batusangkar.
Di Desa Pariangan masih terlihat keaslian bentuk desa dan adat yang mencerminkan kehidupan sosial Minangkabau seperti Balairung, mesjid, Rumah adat, Lumbung padi yang merupakan unsur pokok dari suatu kelompok sosial orang Minangkabau. Selain itu Anda juga dapat menikmati pemandian air panas, dan beberapa peninggalan sejarah seperti batu basurek, kuburan panjang yang menurut cerita masyarakat setempat adalah kuburan Dt. Tantejo Gurhano seorang arsitek Rumah Adat Minangkabau.

0 Response to "20 Tempat Wisata Populer di Sumatera Barat Bagian II"

Post a Comment