20 Tempat Wisata Populer di Sumatera Barat Bagian I



20 Tempat wisata populer dan Menarik di Sumatera Barat Bagian Pertama. Sumatera Barat terletak di pulau Sumatera dengan Padang sebagai ibu kotanya. Mayoritas masyarakatnya beretnis Minangkabau dan beragama Islam. Sumatera Barat terdiri dari 12 kabupaten dan 7 kota. Dengan daerah yang cukup luas, wilayah Sumatera Barat banyak terdapat tempat-tempat wisata yang menarik.

Sebagai referensi destinasi yang ingin mengunjungi tempat wisata di Sumatera Barat, berikut dibawah ini beberapa tempat wisata yang populer.

1. Danau Maninjau

Danau maninjau sumatera barat
Danau Maninjau (photo:wikipedia)
Danau ini terletak kurang lebih 36 km dari kota Bukittinggi yang dapat Anda tempuh dengan melewati jalan berkelok-kelok atau dikenal juga dengan sebutan kelok 44. Danau ini menyediakan pemandangan yang indah dan menarik. Anda dapat menikmati keindahan di Danau ini karena tersedia fasilitas untuk berenang, memancing, sepeda air. Untuk soal penginapan anda tidak perlu ragu karena terdapat hotel dan homestay yang cukup representative.


2. Danau Singkarak

danau singkarak padang sumatera barat
Danau Singkarak (photo:indonesia.travel)
Danau ini merupakan danau terbesar di Sumatera Barat. Terletak di pinggir jalan raya Padang Panjang – Solok dengan kepanjangan danau 21 km. Danau ini merupakan salah satu destinasi wisata, disekitar danau terdapat beberapa tempat peristirahatan, tempat bersantai dan juga terdapat berbagai fasilitas seperti sampan, boat dan penginapan/hotel. Selain itu terdapat juga fasilitas yang dapat membuat Anda menikmati keindahan danau dengan mengelilingi area sekitar danau.


3. Danau Di Atas dan Di Bawah

Danau Di Atas dan Di Bawah Sumatera Barat
Danau diatas dan danau dibawah (photo:wayangnusantara1)
Danau di atas dan di bawah dikenal dengan sebutan danau kembar. Terletak kurang lebih 56 km dari Kota Padang, tepatnya di Desa Pasar Simpang, Kecamatan Lembayang Jaya, Kab. Solok. Uniknya jika ingin menuju ke Danau Di atas, jalan yang dilalui adalah menurun, sedangkan untuk menuju Danau Di bawah melalui jalan mendaki. Keindahan danau dilengkapi dengan tanaman buah dan sayuran yang ada disekitar danau.

4. Jam Gadang

Jam Gadang bukittinggi sumatera barat
Jam Gadang (photo:greatnesia)
Jam Gadang adalah menara tinggi dan megah yang terletak di tengah kota Bukittinggi. Bangunan ini memiliki atap khas Minangkabau. Jam Gadang menjadi landmark dan lambang kota Bukittinggi. Bangunan ini termaksud bangunan bersejarah karena dibangun di atas bukit yang bernama Bukit Kandang Kerbau pada jaman Pemerintahan Belanda tahun 1827 oleh Contraleur (Sekretaris Kota) Rook Maker.

Jika berada di puncak menara Anda dapat menikmati keindahan alam dan kota Bukittinggi. Dari sini anda dapat melihat keindahan alam sekitar kota Bukittinggi yang dihiasi Gunung Merapi, Gunung Singgalang, Gunung Sago dan Ngarai Sianok. Keunikan pada Jam Gadang adalah angka 4 tertulis IIII.

5. Benteng De Kock

Benteng De Kock bukittinggi sumatera barat
Benteng De Kock (photo:wikipedia)
Benteng ini juga merupakan bangunan bersejarah. Dibangun di puncak di dalam kota Bukittinggi tahun 1825 saat terjadi perlawanan rakyat pimpinan Tuanku Imam Bonjol dan Harimau Nan Salapan terhadap Belanda.

Di benteng ini Anda akan melihat meriam kuno periode abad XIX Masehi yang sangat bersejarah. Terdapat juga taman disekitar benten dan menjadi tempat terbaik di Bukittinggi untuk menikmati pemandangan Sunset.

6. Gedung Tri Arga / Istana Bung Hatta

Gedung Tri Arga / Istana Bung Hatta Bukittinggi Sumatera Barat
Istana Bung Hatta (photo:kadae)
Gedung Tri Arga terletak di kota Bukittinggi dan dahulu disini merupakan pusat pemerintahan darurat Republik Indonesia tahun 1947. Ini karena disebabkan oleh agresi Belanda yang pada waktu itu ingin memecah belah bangsa kita. Nama gedung ini berubah menjadi Istana Bung Hatta, untuk mengenang jasa Proklamator Bung Hatta.

7. Terowongan (Gua) Jepang

Terowongan (Gua) Jepang bukittinggi Sumatera Barat
Lobang jepang (photo:rajakamar)
Masih ingin mencari tempat bersejarah di Sumatera Barat? Anda dapat mengunjungi Terowongan Jepang. Terowongan ini dibuat oleh para tentara jepang dengan berkelok-kelok dan panjangnya terowongan mencapai 1.400 m. Masyrakyat setempat menamakan tempat ini adalah Lobang Jepang.
Terowongan Jepang terletak di tengah taman panorama di Ngarai Sianok di bawah kota Bukittinggi, dengan lebar lebih 2 meter. Di dalamnya terdapat berbagai keperluan ruangan untuk kantor, rumah sakit, makanan dan persenjataan. Pintu masuk gua ada dibeberapa tempat, seperti di Ngarai Sianok, di Panorama, di samping Istana Bung Hatta dan di Kebun Binatang Bukittinggi.

8. Ngarai Sianok

Ngarai Sianok bukittinggi sumatera barat
Ngarai Sianok (photo:flickr)
Ngarai Sianok atau Lembah Pendiam adalah lembah menyediakan pemandangan indah, hijau dan subur. Didasar lembah mengalir sebuah anak sungai yang berliku-liku menelusuri celah-celah tebing yang berwarna-warni dengan latar belakang gunung Merapi dan Singgalang yang menghijau dan membuat pemandangan disekitar dasar lembah menjadi menarik.

Lembah ini terletak di Pusat kota Bukittinggi dengan panjang 15 km, kedalaman 100 meter dan lebar 200 meter. Disini merupakan tempat favorit wisatawan berfoto, karena keindahan lembah yang mempesona.

9. Lembah Anai

Lembah Anai

Lembah Anai juga menyediakan pemandangan yang sangat mengagumkan. Area sekitar lembah masih alami dengan hutan tropis yang lebat dan merupakan hutan lindung. Didasar lembah mengalir Sungai Batang Anai dengan airnya yang jernih. Selain itu juga terdapat sebuah air terjun setinggi 40 meter.

10. Anai Resort Golf Course

Anai Resort Golf Course
Anai Resot (photo:wayangnusantara1)
Anai Resort Merupakan Golf Course terbaik di Sumatera Barat yang berstatus Internasional dengan 18 hole. Anai resort dirancang oleh Designer Lapangan Golf International Thomas dan Perret. Terletak 550 m di atas permukaan laut dan menyediakan berbagai fasilitas yang terdapat di lokasi bungalow seperti kolam renang alami dan restoran.

0 Response to "20 Tempat Wisata Populer di Sumatera Barat Bagian I"

Post a Comment