10 Tempat Wisata Terpopuler dan Menarik di Medan Sumatera Utara



Medan merupakan salah satu kota metropolitan besar di Indonesia. Di sini juga banyak terdapat beberapa tempat wisata sejarah dan kuliner. Nah untuk mengetahui lebih lanjut tempat wisata yang terpopuler di kota Medan, yuk kita lihat ulasannya dibawah ini.

10 Tempat Wisata populer dan menarik di Medan

Berikut dibawah ini tempat wisata di Medan seperti yang dilansir initempatwisata.com

1. Taman Bermain Hillpark Sibolangit

Taman Bermain Hillpark Sibolangit

Taman bermain ini merupakan yang terbesar di Sumatera Utara. Terletak dalam kontur wilayah pegunungan dan untuk menuju kesana dapat menempuh perjalanan sekitar 1 jam dari kota Meda. Keindahan taman ini terletak dari hamparan perbukitan hijau, udaranya yang sejuk dan tempatnya yang bersih. Di Hillpark Sibolangit terdapat tiga tema besar yaitu Lost City, Toon town, dan Heritage. Wahana yang tersedia diantaranya adalah Roller Coaster (Gelegar), Ferries Wheel (Kincir raksasa), 4D theatre, dan amphiteathre berkapasitas 1,200 untuk pertunjukan dan konser. Taman bermain ini dibuka pada hari Sabtu Minggu dan pada tanggal merah saja.

Tiket masuk Hillpark Sibolangit sebesar Rp 10 ribu per orang. Atau Rp 45 ribu per orang untuk biaya tiket masuk dan biaya tiket wahana sebanyak 15 kali bermain.

2. Penangkaran Buaya Asam Kumbang

Penangkaran Buaya Asam Kumbang

Tempat penangkaran ini terletak di Desa Asam Kumbang Jl. Bunga Raya II, Kec. Medan Selayang, Medan. Disini merupakan tempat penangkaran buaya terbesar di dunia yang menampung sekitar 2.600 ekor buaya yang kebanyakan dari spesies buaya muara.

3. Masjid Raya Al Mashun


Masjid ini dikenal juga dengan Masjid Raya Medan berada JL. Sisingamangaraja No. 718, Medan. Terletak di jantung kota medan dan telah berusia lebih dari 100 tahun sejak dibangun pertama kali pada 21 Agustus 1906. Bentuk aristektur bangunan masjid ini mengadopsi corak bangunan campuran Maroko, Eropa, Melayu, dan Timur Tengah.

Masjid ini berbentuk bundar segi delapan dan memiliki 4 serambi utama di bagian depan, belakang, serta samping kiri dan kanan. Keempat serambi tersebut menjadi pintu utama untuk memasuki masjid ini. Pada bagian kubahnya, terlihat mengikuti model kubah di Turki, dengan bentuk yang patah-patah bersegi delapan.

4. Graha Santa Maria Annai Velangkanni

Graha Santa Maria Annai Velangkanni

Tempat ini merupakan sebuah gereja umat Katolik yang sangat unik. Secara arsitektural, bangunan gereja ini hampir mirip kuil Hindu. Awalnya gereja ini hanya diperuntukkan bagi umat Katolik Tamil namun saat ini terbuka bagi seluruh umat.

Bangunan Graha Santa Maria Annai Velangkanni begitu megah, sehingga menjadi tempat berfoto para wisatawan. Terdapat juga sebuah bangunan kecil bernama Kapel Maria yang terletak disamping gedung utama.

Nama gereja ini diambil dari nama Annai Velangkani, yang berarti Bunda dari Velangkanni. Nama tersebut kemudian dijadikan sebagai nama gereja dan juga merupakan persembahan kepada Bunda Maria yang pernah menampakkan diri di pesisir Velangkanni, Tamil Nadu, India pada abad 17.

5. Tip Top Restaurant

Tip Top Restaurant

Tip top restaurant salah satu tempat wisata kuliner yang legendaris dan terkenal di kota Medan. Restaurant ini dibangun tahun 1929 dan sampai saat ini masih bertahan. Terletak di kawasan Kesawan yang merupakan sentra bisnis di Medan, Tip Top Restaurant begitu populer di kalangan masyarakat Medan dari generasi ke generasi.

Tip Top Restaurant mengadosi cafe gaya Eropa. Memiliki aneka makanan kua yang terkenal dengan hasil olahan sendiri karena dimasak menggunakan oven batu sebagai pemanggangnya sejak tahun 1934. Namun tidak hanya itu disini juga tersedia beberapa menu makanan khas Indonesia.

6. Bank Indonesia Medan

Bank Indonesia Medan

Bangunan gedung Bank Indonesia Medan ini bergaya arsitektur khas Eropa. Ini merupakan salah satu tempat bersejarah. Dibangun pertama kali pada tahun 1906 yang mulanya adalah pusat perbankan Belanda dengan nama De Javasche Bank Medan. Setelah kemerdekaan, pada tahun 1961 bank tersebut dinasionalisasi oleh Presiden Soekarno dan namanya berganti menjadi Bank Indonesia Medan.

7. Kawasan Pecinan

Kawaasan Pecinan juga merupakan salah satu tempat wisata kuliner yang terkenal yang terletak di Jl. Semarang. Disini tersedia aneka menu makanan, mulai dari bermacam-macam olahan mie, sate, hingga masakan bebek. Tidak hanya itu, disini Anda akan mendapati heterogenitas masyarakat Medan yang sungguh kental, baik dari warga Tionghoa, Batak, Karo, Jawa, India, Nias, hingga Padang, serta orang Eropa yang bekerja di Medan. Jalan Semarang adalah ikon kuliner Medan yang paling terkenal.

8. Rumah Tjong A Fie (Tjong A Fie Mansion)

Rumah Tjong A Fie medan

Rumah ini merupakan tempat wisata sejarah di Medan. Letaknya berada di Jln. Ahmad Yani. Di Rumah Tjong A Fie Anda dapat mengetahui budaya Melayu Tionghoa hingga riwayat dari kota Medan. Arsitek bangunan rumah ini bergaya campuran arsitektur China, Eropa, dan Melayu.
Tjong A Fie merupakan seorang saudagar kaya di masa lampau. Ia pernah menjadi jutawan terkaya se-Asia tenggara pada masa itu dengan bisnis perkebunan hingga perusahaan kereta api. Di masanya, ia sangat disegani dan dihormati oleh kolonial Belanda hingga Sultan Deli. Memiliki sifat dermawan dan menjadi pemimpin komunitas keturunan Cina di Medan.

9. Istana Maimun

Istana Maimun medan

Istana Maimun adalah tempat wisata sejarah yang merupakan peninggalan Kerajaan Deli yang terkenal. Terletak di Jln. Brigjen Katamso Kec. Medan Maimun, Medan. Bangungan istana ini berwarna kuning dan berdiri megah di tengah Kota Medan. Istana Maimun juga merupakan salah satu ikon kota Medan. Warna bangunan ini didominasi dengan warna kuning yang merupakan warna khas Melayu.

Di istana ini, terdapat beragam koleksi yang dimiliki istana di masa lampaunya seperti koleksi foto sultan, singgasana sultan, hingga sejarah Kerajaan Deli.
Tiket masuk ke istana Maimun sebesar Rp 8 ribu per orang dan buka mulai dari pukul 8 pagi hingga 5 sore.

10. Merdeka Walk

Merdeka Walk medan

Merdeka Walk terletak di JL Balai Kota, Lapangan Merdeka, Medan. Dan merupakan tempat wisata kuliner malam hari, karena hanya terbuka pada malam hari saja. Disini dapat dijumpai aneka jajanan dan makanan di bawah pepohonan rindang, dan dikelilingi bangunan tua bersejarah yang ada di kota Medan.

Merdeka Walk merupakan salah satu tempat nongkrong favorit di Medan. Suasana disni semakin malam semakin rame. Biasanya juga sebagai tempat diadakan konser musik, festival musik, dan berbagai perlombaan serta atraksi-atraksi.

itulah 10 tempat wisata terpopuler dan menarik di kota Medan, sehingga ketika anda berkunjung kesana, sebaiknya mengunjungi tempat-tempat wisata tersebut.

0 Response to "10 Tempat Wisata Terpopuler dan Menarik di Medan Sumatera Utara"

Post a Comment