Tempat Wisata Populer Umbul Ponggok, Klaten Jawa Tengah



Tempat Wisata Populer Umbul Ponggok, Klaten Jawa Tengah. Desa Ponggok merupakan desa yang sangat kreatif. Mereka bisa menyulap permandian tua menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat popular. Awalnya permandian tua tersebut hanya menghasilkan 5 juta pertahun, namun kini berubah fantastis menjadi Rp. 6.5 Miliar pertahun.

Tempat wisata umbul Ponggok terletak di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah. Jarak tempuh dari Yogyakarta kurang lebih 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi.

Tempat Wisata Populer Umbul Ponggok, Klaten Jawa Tengah

Umbul Ponggok adalah sebuah kolam alami yang dikembangkan menjadi wisata tirta yang saat ini cukup terkenal di Klaten. Air jernih dan aneka ikan warna-warni dasar kolam yang indah menjadi lokasi favorit untuk snorkelling dan tempat latihan diving bagi pemula. Disini anda dapat menikmati snorkelling bukan di laut bebas, tetapi disebuah kolam yang jernih dan tidak kalah indahnya dengan wisata laut.

Anda tidak perlu merasa cemas snorkelling snorkelling di tempat ini karena tidak ada ombak seperti dilaut lepas. Kolam ini hanya sebuah sumber mata air alami yang segar dan sangat jernih dan sudah ada sejak zaman Belanda, dengan ukuran 50 x 25 meter dan kedalaman rata-rata 1,5 – 2,6 meter yang cocok digunakan untuk snorkelling.

Dasar kolam Umbul Ponggok berupa hamparan pasir luas, bebatuan, dan ribuan ikan warna-warni sehingga tampak alami dan suasananya mirip seperti di bawah laut. Air di kolam ini tidak amis walaupun di penuhi ikan, ini karena air nya terus mengalir.

Jika anda tidak bisa berenang maupun tidak ingin snorkelling anda dapat menikmati pilihan lain seperti naik perahu kayuh dan mengelilingi umbul. Sedangkan bagi anak-anak disediakan kolam berukuran pendek yang bisa dijadikan lokasi berenang dan bermain air.

Wisatawan yang berkunjung wajib membayar biaya retribusi sebesar Rp. 5000 per orang. Dan disana disediakan peralatan snorkelling yang dapat disewa.

Salah kegiatan yang wajib anda lakukan disana adalah sesi photo di dalam air. Hal inilah yang menjadi favorit wisatawan yang berkunjung ke permandian ini. Di Umbul Ponggok terdapat jasa penyewaan kamera underwater dengan tarif Rp 60.000 untuk 30 menit dan Rp 100.000 untuk satu jam. Jika ingin pemotretan yang berkonsep, di tempat ini juga terdapat jasa pemotretan underwater dengan harga relatif murah. So bagi anda yang ingin kesana untuk berfoto dalam air, sebaiknya pergi saat pengunjung lagi sepit, agar mudah mencari spot foto yang bagus.

Sumber referensi:
http://regional.kompas.com/read/2016/09/27/06320091/contohlah.desa.ponggok.setahun.hasilkan.rp.6.5.miliar
http://www.njogja.co.id/wisata-alam/umbul-ponggok-tempat-asyik-untuk-berenang-snorkeling-hingga-diving/

0 Response to "Tempat Wisata Populer Umbul Ponggok, Klaten Jawa Tengah"

Post a Comment