10 Tempat Wisata Terpopuler dan Menarik Di Palembang


10 Tempat Wisata Terpopuler dan Menarik Di Palembang
Jembatan Ampera

10 Tempat Wisata Terpopuler dan Menarik Di Palembang. Kota Palembang merupakan ibu kota dari Sumatera Selatan dan merupakan kota terbesar ke dua di Sumatera. Mengingat sejara, kota Palembang sangat terkenal dengan kerajaan Budha terbesar di Asia Tenggara yaitu kerajaan Sriwijaya.

Apa yang menarik di Palembang? Disana terdapat beberapa objek wisata yang bisa anda kunjungi. Banyak peninggalan-peninggalan sejarah dan keindahan alam yang terdapat di kota ini. Nah berikut dibawah ini adalah 10 tempat wisata terpopuler di Palembang.

1. Jembatan Ampera

Jembatan ini merupakan ikon dan lambang kota Palembang yang dibangun pada tahun 1962. Jembatan Ampera ini menghubungkan Seberang Ulu dan Seberang Ilir yang dipisahkan oleh Sungai Musi. Jika anda jalan-jalan kesini, kurang lebih jarak 50 meter dari Jembatan terdapat sebuah pasar yang menyediakan berbagai souvenir cantik dan aneka kuliner.

2. Sungai Musi

Dibawah jempatan Ampera terdapat sungai Musi yang merupakan sungai terpanjang di Sumatera. Panjang sungai ini mencapai 750 KM. Sungai Musi terletak ditengah kota Palembang dan membelah kota Palembang menjadi 2 bagian. Dahulu sungai ini adalah sarana transportasi utama di Palembang. Di bagian tepi sungai terdapat restoran terapung, Kampung Arab, dan Benteng Kuto Besak. Jadi anda dapat menikmati keindahan sungai Musi sambil menikmati kuliner di restoran terapung.

3. Pulau Kemaro

Masih dibagian area sungai Musi, terdapat Pulau Kemaro. Pulau ini terletak di tengah Sungai Musi dan berjarak sekitar 6 KM dari Jembatan Ampera. Pulau ini merupakan salah satu tempat wisata favorit dan populer di Palembang. Di Pulau Kemaro terdapat Vihara yang sering didatangi oleh umat Buddha untuk melakukan ibadah. Selain Vihara juga terdapat sebuah makam dari seorang putri Palembang. Selain menikmati wisata alam dan sejarah, ditempat ini terdapat hal-hal menarik seperti pagoda berlantai 9 yang dibangun pada tahun 2006, dan pohon cinta. Uniknya masyarakat percaya jika sepasang kekasih menuliskan namanya di pohon cinta, maka hubungan mereka akan awet hingga jenjang pernikahan.

4. Taman Hutan Wisata Punti Kayu

Pengen nikmati wisata alam yang menyejukkan, cobalah untuk mengunjungi Taman Hutan Wisata Punti Kayu. Taman ini merupakan tempat berupa hutan wisata yang satu-satunya di Palembang. Terletak sekitar 7 KM dari pusat kota Palembang dengan luas sekitar 50 hektar. Di taman ini banyak terdapat fasilitas wisata yang lengkap serta penangkaran buaya dan kebun binatang. Taman Hutan Wisata Punti Kayu ini merupakan hutan pinus kota terbesar di Indonesia.

5. Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak merupakan saksi perjuangan pahlawan melawan para penjajah. Karena nilainya yang sangat bersejarah, benteng ini merupakan kebanggaan kota Palembang. Jika berada di benteng ini Anda dapat melihat banyak kapal berlayar di Sungai Musi.

6. Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin

Bagi umat muslim sebaiknya juga mengunjungi Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin. Ini merupakan masjid terbesar di kota Palembang. Dibangun dari hasil karya gabungan arsitektur Indonesia, Eropa, dan China. Disini sangat cocok untuk wisata budaya dan wisata religi. Untuk mendapatkan oleh-oleh dari sekitar masjid anda dapat menemukan 2 pasar yang dekat dari Masjid ini yang menjual berbagai macam souvenir, kain tenun, kerajinan kayu, dan makanan.

7. Taman Kambang Iwak

Taman Kambang Iwak juga merupakan objek wisata yang besejarah karena merupakan salah satu peninggalan sejak jaman penjajahan Belanda. Waktu itu taman ini merupakan tempat rekreasi keluarga Belanda yang tinggal di sekitar Taman. Dan saat ini juga merupakan salah satu tempat favorit masyarakat Palembang. Banyak masyarakat yang menjadikan taman untuk untuk berolah raga seperti lari pagi. Di taman ini juga terdapat beberapa fasilitas permainan, restoran yang biasa dipakai untuk berkumpul anak muda.

8. Stadion Gelora Sriwijaya

Stadion sepak bola di Palembang ini merupakan yang terbesar ketiga di Indonesia yang dapat menampung sekitar 40,000 orang. Selain itu, Gelora Sriwijaya adalah stadion yang berkelas internasional. Saat ini Gelora Sriwijaya digunakan oleh Sriwijaya FC sebagai markas dan tempat pertandingan sepak bola.

9. Air Terjun Lematang Indah

Salah satu lagi wisata alam yang populer di Palembang adalah air terjun lematang indah. Terletak di kota Pagar Alam dan mempunyai ketinggian sekitar 40 meter. Area sekitar air terjuan sangat indah dan sejuk sehingga sangat disukai wisatawan.

10. Masjid Cheng Ho

Masjid Cheng Ho terkenal dengan keunikannya karena mempunyai nuansa khas budaya China. Selain sebagai tempat ibadah, masjid ini juga merupakan salah tempat wisata favorit masyarakat Palembang. Tapi tahukan anda bahwa pengunjung Masjid Cheng Ho tidak juga berasal dari Malaysia, Taiwan, Jakarta, Singapura, Medan, dan lain-lain.

0 Response to "10 Tempat Wisata Terpopuler dan Menarik Di Palembang"

Post a Comment